SEJARAH SEKOLAH
           Pendirian SMAN 1 Medan dirintis pada tanggal 18 Agustus - 1 September 1950, pada mulanya berlokasi di Jl. Teuku Umar No. 1 Medan. Dahulu SMA Negeri 1 Medan sempat disebut sebagai SMA Teladan. Pada tahun 1954, Kepala Urusan Pendidikan SMA Depdibud menugaskan beberapa SMA Negeri terpilih untuk mengadakan kurikulum baru. Sekolah-sekolah ini kemudian disebut sebagai SMA Teladan di masing-masing kota tersebut. Didasari oleh SK Mendikbud nomor 12807/a/c pada tanggal 18 Desember 1957, beberapa SMA teladan berdiri di Jakarta, Medan, Surabaya, Bukit Tinggi, dan Yogyakarta. SMA teladan sendiri terdiri menjadi tiga bagian, bagian A bermaterikan Sastra Budaya, bagian b mengajarkan Ilmu Pasti, dan bagian C bermaterikan Sosial Ekonomi.

           SMAN 1 Medan adalah parameter pendidikan di Provinsi Sumatera Utara yang juga dikenal sebagai salah satu SMA terbaik di Indonesia. SMAN 1 telah mencetak prestasi dengan banyaknya siswa yang berhasil lulus ke PTN favorit di Indonesia. Selain itu, SMAN 1 Medan telah banyak melahirkan alumni yang berhasil menduduki posisi penting baik di pemerintahan ataupun swasta. Alumni-alumni SMAN 1 tersebut antara lain Prof. DR. Anwar Nasution (alumnus Harvard University, Guru Besar fakultas Ekonomi UI, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan RI 2004-2009, angkatan SMAN 1 Medan tahun 1961) dan Jusman Syafii Djamal (alumnus ITB, Menteri Perhubungan Republik Indonesia 2007-2009, angkatan SMAN 1 Medan tahun 1972). Saat ini SMAN 1 mempunyai jargon "CERDAS" yang merupakan singkatan dari "Creative, Educative, Rasional, Discipline, Asa dan Spirit".

           SMAN 1 Medan juga dikenal memiliki jejak unik dalam melahirkan siswa-siswa kreatif yang berbakat di bidang kesenian, seperti musik, drama, tari dan sebagainya. Hal ini didukung pula oleh beragamnya kegiatan ekskul dan organisasi yang sesuai dengan minat dan bakat siswa, antara lain OSIS, Badan Kemakmuran Mesjid Ibnu Sina SMAN 1 (BAKMISS), PA Bukit Sion (PABS), KSSK St. Aloyslus Gonzaga, Paduan Suara Sola Gratia, Paskhaskibra, Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Social Study Club (S2C) ICT-One Community, Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), Ekstrakurukuler Jurnalistik dan Sastra (EJS), English Club, Olahraga Prestasi (OP), Karate Dojo Smansa, Sanggar Seni Smansa (SSS), Cinematography of Smansa (CITOS), Teater Rawit Smansa, Radio Sekolah (RASE), dan Marching Band Bahana Suara Smansa (MBBSS).

           Kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi di SMAN 1 Medan telah membuktikan kualitasnya melalui berbagai kompetisi baik di tingkat regional maupun nasional, dan jarang kembali dengan tangan kosong. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya koleksi piala yang terpampang di lobby sekolah ini. Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 1 Medan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar serta kegiatan ekskul dan organisasi. Fasilitas tersebut antara lain Perpustakaan, WIFI, Kelas dengan peralatan pengajaran yang lengkap dengan proyektor, Laboratorium Biologi, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Masjid, Aula, UKS, Ruang Badminton Foodcourt, Ruamh 3R dan Lobby Sekolah. Suasana belajar juga didukung dengan program "On Green" yang membuat sekolah ini menjadi lebih asri dan nyaman.